Sabtu, 12 November 2016

CONTOH KASUS PELANGGARAN ETIKA PROFESI DI BIDANG SI

KASUS PELANGGARAN ETIKA PROFESI DI BIDANG SI
“Pelanggaran etika profesi di kantor perpajakan Surabaya”

1.      Pembahasan singkat
Orang didalam kantor perpajakan surabaya kini harus berurusan dengan Satreskrim Polwiltabes Surabaya. Edwin, kasi penagihan KPP Rungkut; dan Dino Artanto, OC (operator consul)/Programmer KPP Mulyorejo harus menyusul rekannya Suhertanto, yang telah ditahan. Ini setelah Edwin dan Dino ditangkap polisi. Keduanya masih menjalani pemeriksaan.Keduanya ditangkap berdasarkan pengakuan dari Suhertanto, mantan juru tagih KPP Rungkut yang kemudian berdinas di KPP Karangpilang tapi kini mendekam di tahanan Polwiltabes Surabaya. Suhertanto menyebut bahwa Dino adalah operator utama pengubahan data base kantor pajak untuk kejahatan tersebut, sedangkan Edwin adalah atasan Suhertanto. Kejahatan yang telah Doni lakukan berdampak kerugian yg besar untuk negara.

2.      Prinsip dasar etika profesi yang dilanggar
Prinsip dasar yang telah dilanggar oleh Doni yaitu tanggung jawab dan integritas moral yang dimana Doni telah melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab dengan mengubah database kantor perpajakan yang berdampak kerugian bagi negara, dan juga tidak dapat menjaga nama baik seorang programmer dan memberi citra buruk bagi dirinya yang dikenal sebagai programmer handal.

3.      Bentuk sanksi yang diterapkan
 Karyawan pajak tersebut telah melakukan kejahatan perpajakan dengan melanggar kode etik programmer, UU HAKI (Undang-undang Hak Cipta) yang sudah disahkan dengan nomor 19 tahun 2002 yang diberlakukan mulai tanggal 29 Juli 2003 didalamnya diantaranya mengatur tentang hak cipta karena telah melakukan pembajakan terhadap database orang lain, undang – undang No. 8 tahun 1974 pasal 28 kode etik pegawai negri adalah pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan yang harus dilakukan oleh seriap pegawai negri sipil, maka sanksi terhadap pelanggaran kode etik adalah sanksi hukum, Sanksi yang   diberikan berupa hukuman denda berupa ganti rugi atau   penyitaan barang serta hukuman penjara.

4.      Isu etika

Dalam kasus pelanggaran etika ini masuk dalam isu Akurasi dan Properti, yang dimana doni telah melakukan pelanggaran HAKI dengan membajak database kantor pajak serta memberikan informasi yang salah. Karena itu doni harus bertanggung jawab atas perbuatan yang telah dilakukannya.

CONTOH KASUS PELANGGARAN ETIKA PROFESI DI BIDANG SI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar