Kamis, 10 November 2016

ini dia... Manfaat berjemur dibawah sinar Matahari di pagi hari

       Matahari adalah sumber cahaya bagi dunia ini dan merupakan sumber energi bagi kehidupan baik bagi manusia,hewan maupun tumbuhan. Matahari memiliki banyak manfaat dan peran yang sangat penting bagi kehidupan yaitu : 
       Panas yang dipancarkan dari cahaya matahari memberikan suhu yang pas untuk keberlangsungan hidup organisme di muka bumi ini.Bumi ini menerima sinar matahari yang pas,sehingga dapat menjaga air tetap berbentuk cair,sehingga makluk yang ada di muka bumi dapat memanfaatkan air untuk kehidupannya.

nah, bagaimana jika manusia berjemur dibawah sinar matahari di pagi hari? berikut adalah beberapa manfaat berjemur dibawah sinar matahari di pagi hari :

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

       Pancaran sinar matahari yang mengenai tubuh akan menambah sel darah  putih terutama limfosit yang digunakan untuk menyerang penyakit. Antibodi juga akan (gamma globulins) bertambah.
  • Menurunkan Kadar Gula Darah 
      Sinar matahari akan memberikan kemudahan proses penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal ini akan merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi gula yang tersimpan (glycogen) pada hati dan otot. Dengan demikian gula darah akan turun.  
  • Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri 
Sinar matahari membantu membunuh bakteri penyakit, virus, dan jamur. Hal itu berguna untuk perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonitis, pneumonia, mumps, dan asma. 
Beberapa dari virus penyebar kanker ditaklukkan oleh sinar ultraviolet (UV) ini. Infeksi jamur akan bereaksi terhadap sinar matahari. Dalam waktu 10 menit saja bakteri yang berterbangan di udara dapat dilumpuhkan oleh sinar matahari. 
  • Meningkatkan Kebugaran Pernapasan 
Sinar matahari dapat meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan. Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan kebugaran pernapasan ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur matahari. 
  • Sinar Matahari Membantu dalam Pembentukan dan Perbaikan Tulang 
Dengan bertambahnya kadar vitamin D dalam tubuh karena terkena sinar matahari, otomatis dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan sangat menolong pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit tulang. 

itulah beberapa manfaat berjemur dibawah sinar matahari bagi tubuh manusia.

ini dia... Manfaat berjemur dibawah sinar Matahari di pagi hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar