Sabtu, 12 November 2016

CONTOH RPP PELATIHAN

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Lembaga               :  HIMSI Unisnu Jepara                            
Program                          :  Aplikasi Pengolah Kata (MS Word)
Kelas                               :  SMP Tahassus Bawu Jepara
Alokasi Waktu                :  5 x 120 menit ( 5x pertemuan)
Standar Kompetensi       : 1. Mengoperasikan Piranti lunak Pengolah kata
                                            (microsoft word)
Kompetensi Dasar           :4.1  Mengenali dan mengetahui berbagai piranti lunak yang termasuk
                                                dalam pengolah kata  
                                          4.2 Membuat dokumen
                                          4.3 Menggunakan fungsi menu bar dan menu toolbar
      4.4 Membuat naskah dengan format Indentasi (Format paragraf,
bullets, numbering, tabulasi)
      4.5 Membuat naskah dengan format kolom
      4.6 Membuat naskah dengan format tabel
      4.7 Membuat naskah surat massal
      4.8 Menggunakan fitur
      4.9 Mencetak dokumen

Tujuan pembelajaran.
Peserta pelatihan mampu: 
þ  Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta pelatihan dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata dengan tepat.
þ  Memulai membuat dokumen sederhana
þ  Mengindentifikasi menu dan ikon pada menu bar dengan menggunakan fungsi mouse.
þ  Mengindentifikasi  menu dan ikon pada menu bar dengan menggunakan fungsi keyboard
þ  Mengindentifikasi  menu dan ikon pada standatd menu bar dengan menggunakan fungsi mouse .
þ  Mengindentifikasi menu dan ikon pada standard menu bar dengan menggunakan fungsi keyboard
þ  Mengindentifikasi menu dan ikon pada formatting menu dengan menggunakan fungsi mouse
þ  Mengindentifikasi menu dan ikon pada formatting menu dengan menggunakan menggunakan fungsi keyboard.
þ  Mengindentifikasi menu dan ikon pada drawing menu dengan menggunakan fungsi mouse
þ  Mengindentifikasi menu dan ikon pada drawing menu dengan menggunakan fungsi keyboard
þ  Membuat naskah dengan format Indentasi (Format paragraf, bullets, numbering, tabulasi)
þ   Membuat naskah dengan format kolom
þ   Membuat naskah dengan format tabel
þ   Membuat naskah surat
þ   Mencetak dokumen

v  Karakter siswa yang diharapkan :            Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

1    Materi Pembelajaran
Ø  Program aplikasi pengolah kata (Microsoft Word)
Ø  Cara membuka dokumen dan membuat dokumen sederhana
Ø  Cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar pengolah kata
Ø  Cara menggunakan menu dan ikon pada standar menu pengolah kata
Ø  Cara menggunakan menu dan ikon pada formatting menu pengolah kata
Ø  Cara menggunakan menu dan ikon pada menu drawing pengolah kata
Ø  Cara membuat naskah dengan format Indentasi (Format paragraf, bullets, numbering, tabulasi)
Ø   Cara membuat naskah dengan format kolom
Ø   Cara membuat naskah dengan format tabel
Ø   Cara membuat naskah surat
Ø   Cara mencetak dokumen

2    Metode Pembelajaran
Ø  Pendekatan model CTL dan life skills

3    Langkah langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Memperkenalkan kepada siswa piranti dalam komputer
Menyampaikan tujuan pembelajaran
      
 2.   Kegiatan   inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, tutor:
F  Meminta peserta didik memperhatikan berbagai piranti pengolah kata yang dijelaskan
F  Meminta peserta didik memperhatikan cara membuka dokumen di Microsoft Word 2007 dan membuat dokumen sederhana
F  Meminta peserta didik dapat mengamati menu dan ikon yang terdapat di program pengolah kata di Microsoft Office Word versi 2007
F  Meminta peserta didik memperhatikan menu dan ikon pada menu bar di pengolah kata dengan fungsi mouse dan keyboard
F  Meminta peserta didik menmperhatikan menu dan ikon pada standard menu di pengolah kata dengan fungsi mouse dan keyboard
F  Meminta peserta didik memperhatikan menu dan ikon pada formatting menu di pengolah kata dengan fungsi mouse dan keyboard
F  Meminta peserta didik memperhatikan menu dan ikon pada drawing menu di pengolah kata dengan fungsi mouse dan keyboard
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, tutor:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik
F  Menjelaskan berbagai piranti lunak pengolah kata
F  Mempraktikkan cara membuat dokumen sederhana
F  Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar pengolah kata
F  Mengindentifikasi cara menggunakan menu dan ikon pada standard menu pengolah kata
F  Mengindentifikasi cara menggunakan menu dan ikon pada formatting menu pengolah kata
F  Mengindentifikasi menggunakan menu dan ikon pada menu drawing pengolah kata                          

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, tutor:
F  Tutor bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Tutor bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, tutor:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah  di lakukan
F  Menarik  kesimpulan tentang contoh perangkat lunak pengolah kata, pembuatan dokumen sederhana, dan penggunaan menu dan ikon pada program pengolah kata

Pertemuan Kedua
Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Mengkaji kembali pelajaran pada pertemuan sebelumnya
Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
Menyampaikan tujuan pembelajaran
      
 2.   Kegiatan   inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, tutor:
F  Meminta peserta didik memperhatikan cara membuat naskah dengan format indentasi
F  Meminta peserta didik memperhatikan cara membuat naskah dengan format tabel
F  minta psesrta didik memperhatikan cara  membuat naskah dengan format kolom
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, tutor:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik
F  Mempraktikkan cara membuat naskah dengan format indentasi
F  Mempraktikkan cara membuat naskah dengan format table
F  Mempraktikkan cara membuat naskah dengan format kolom

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, tutor:
F  Tutor bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Tutor bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, tutor:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah  di lakukan
F  Menarik  kesimpulan tentang contoh perangkat lunak pengolah kata, pembuatan dokumen sederhana, dan penggunaan menu dan ikon pada program pengolah kata

Pertemuan ketiga

Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Mengkaji kembali pelajaran pada pertemuan sebelumnya
Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
Menyampaikan tujuan pembelajaran
      
 2.   Kegiatan   inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, tutor:
F  Meminta peserta didik memperhatikan cara membuat naskah surat massal
F  Meminta peserta didik memperhatikan caramenggunakan fitur dalam aplikasi pengolah kataeminta peserta didik mencetak dokumen yang telah dibuat
F  Meminta psesrta didik memperhatikan cara  menggunakan fitur microsoft word 2007
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, tutor:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mempraktikkan cara membuat naskah massal
F  Mempraktikkan cara menggunakan fitur-fitur pengolah kata
F  Mempraktikkan cara mencetak dokumen

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, tutor:
F  Tutor bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Tutor bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, tutor:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah  di lakukan
F  Menarik  kesimpulan tentang contoh perangkat lunak pengolah kata, pembuatan dokumen sederhana, dan penggunaan menu dan ikon pada program pengolah kata


4    Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, mass media, tutor

5    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar


Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada toolbar standard



Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada formatting menu


Ø  Mengindentifikasi menu dan ikon pada toolbar drawing


Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)



Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)


Tes identifikasi


Tes identifikasi



Tes identifikasi


Tes identifikasi

Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon  pada menu bar!

Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar standard!


Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar formatting!

Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar drawing!










Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
Skala Kuantatif
Nilai
[(Jml.Skor/ 32)x100]
4
3
2
1

Menggunakan menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mouse pada





  1   
Bar menu




  2    
Standard menu




  3
Formatting menu




  4
Drawing menu




Menggunakan menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mouse pada





 5
Bar menu




  6
Standard menu




  7
Formating menu




  8
Drawing menu




Jumlah






Kriteria Penilaian:
1. Nilai 4   :   Jika mampu menunjukkan sedikitnya 4 menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mouse.
2.  Nilai 3   :   Jika mampu menunjukkan sedikitnya 3 menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mouse.
3.  Nilai 2   :   Jika mampu menunjukkan sedikitnya 2 menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mous.
4.  Nilai 1   :   Jika mampu menunjukkan sedikitnya 1 menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mouse.
 














                                                                                                            Jepara,    Mei 2016
           Mengetahui,                                                                                           Tutor
           Pimpinan Pelaksana
           Pelatihan
                  



           (................................)                                                                     (.............................)           


CONTOH RPP PELATIHAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar